Genesis 49 – Yehuda Sang Pewaris Tahta

Jika kita baca pasal sebelumnya, maka kita dengan jelas melihat berkat fisik yang turun dari Abraham, Ishak, dan Yakub, telah turun kepada kedua anak Yusuf, bahkan kepada yang termuda dari mereka. Rasanya sangat wajar jika berkat lain pun akan turun kepada anak ini bukan? Tidak, sebab disini kita melihat bahwa garis keturunan raja dinubuatkan Yakub akan hadir lewat garis Yehuda

Dalam pesan-pesan terakhirnya Yakub, saya tertarik melihat lebih dekat pesan Yakub kepada Yehuda ini, terutama di bagian “anak-anak ayahmu akan sujud kepadamu”. Ini bagian yang sangat mirip dengan mimpi Yusuf pada saat ia masih kecil. Namun, ternyata mimpi Yusuf ini hanyalah sebatas mimpi yang menubuatkan akan peristiwa Yusuf diangkat menjadi perdana menteri di Mesir. Ini sendiri sungguh luar biasa.

Sekarang kesempatan dihormati dan disembah sujud tersebut sudah berpindah kepada Yehuda. Kita tidak tahu apa alasan pasti pemindahan ini. Semua ini murni hak Tuhan sendiri dalam pilihanNya. Bisa saja kita berargumen dari fakta Yehuda sudah bertobat, namun semua itu sebenarnya hanya kembali menunjukkan anugerah Tuhan yang sangat besar kepada Yehuda. Jadi rasanya cukup  untuk mengatakan ini hak Tuhan dalam menentukan siapa yang ia mau pakai dan tidak. Dan orang yang Ia mau pakai, pasti akan Ia persiapkan.

Dalam peristiwa nubutan Yakub ini juga, kita melihat bahwa peristiwa jahat bisa Tuhan tunggangi untuk menjadi suatu berkat. Kita lihat bagaimana peristiwa Lewi yang dengan emosinya membantai keluarga Shikem, akhirnya Tuhan tebus menjadi sarana menjadikan Lewi sebagai suku imam. Betul, karena ulahnya Lewi tidak mendapatkan tanah pusaka dan disebar diseluruh Israel. Tapi, bukankah itu menjadi jalan baik agar Lewi diangkat menjadi sukunya para imam? Imam akan hadir diseluruh wilayah Israel dan hidupnya dikuduskan untuk Allah saja (ya walau akhirnya kita melihat racun dosa juga mengalir di suku ini).

bersambung

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s