Hadiah Nobel Fisika 2016: Fase Topologi dari Material

nobelprize2016-phy

Selamat kepada John M. Kosterlitz, Duncan Haldane, David J. Thouless atas penghargaan hadiah Nobel dalam Fisika-nya di tahun 2016 ini. Sebagai mahasiswa doktoral di bidang topological phases of material, saya merasa bangga dan turut senang atas pengakuan secara internasional bahwa bidang fisika yang ini berkontribusi dalam kemanusiaan.

“For the greatest benefit for mankind.” Demikianlah kutipan Alfred Nobel dalam deskripsi hadiah Nodelnya.

Berat ya hadiahnya? Padahal, kalau material ini ditemukan, belum tentu pemanasan global berkurang. Jumlah pasien kanker juga tidak lalu menurun. Buktinya, sejak Thouless menemukan ini sekitar 20 tahun yang lalu, kalian-kalian hidupnya biasa-biasa saja kan? Sejak Haldane menemukan ini belasan tahun yang lalu, masyarakat tidak mendapat keuntungan apa-apa kan? Yang untung itu ya yang terlibat langsung dalam pengerjaan bidang ini. Baik itu penelitinya (yang akhirnya punya kerjaan), lalu pihak publikasinya (yang akhirnya punya bahan publikasi), dan pihak-pihak lain yang lebih bersifat sebagai pihak penyokong hadirnya bidang ini. Tapi apakah bidangnya ini tersebut sudah berguna buat orang lain?

Bahkan, si penerima hadiah tersebut mengatakan demikian

“It’s very difficult to know whether something is useful or not, but one can know that it’s exciting” — Haldane

“… a little bit odd getting this news in an underground carpark outside Helsinki” — Kosterlitz — orang ini sungguhan lagi ada di parkir mobil dan menerima telepon dari Nobel Media, dan ya, dia senang, tapi menurut saya lebih ke sikap “ya udah, great, thank you”

Ditambah lagi, saat saya melihat polling di website nobel tentang “apakah anda pernah mendengar Topological Insulator?” mayoritas masih mengatakan tidak.

Jadi? Apa bergunanya material ini? Si penerima hadiah tersebut saja mengatakan bahwa pekerjaan dia hanya sekedar “exciting”.

Potensinya besar.

Itu jawaban singkat saya. Kalau panjang-panjang, bisa saya curahkan lewat tulisan lain.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s