Genesis 48 – Yakub Memberkati Yusuf

Ucapan Yakub disini menarik menurut saya sebab ia mengulang lagi peristiwa Betel yang awal sekali ia jumpai. Saat ia kabur dari rumahnya menuju Laban, demikian lah saat itu Tuhan itu berjumpa dengannya berjanji akan tanah dan keturunan seperti tema mula-mula janji Abraham.

Dalam tahap ini janji keturunan sepertinya sudah di depan mata sebab banyaknya keturunan Yakub. Namun janji akan tanah inilah yang sebenarnya sepertinya sedang dilepas dari tangan. Yakub jauh dari Kanaan dan malah menetap di Mesir sampai 17 tahun.

Ya kita bisa mengira-ngira mungkin itu juga rentang waktu kira-kira kesedihan mendalam Yakub sebab Yusuf dikira meninggal (prediksi saja dari Yusuf muda sampai jadi orang kedua Firaun). Jadi ada waktu tenang Yakub selama sekian tahun juga saat tahu Yusuf masih hidup (17 tahun itu juga).

Jadinya saya tertarik ucapan kesedihan Yakub tentang meninggalnya Rahel sebelum ia sampai ke tanah Kanaan. Rahel dikuburkan seketika itu juga di Betlehem dan tidak menunggu sampai ke tanah kuburan bersama. Mungkin karena tidak ada cara untuk mengawetkan mayat (mungkin karena mahal dan tidak bisa dijangkau saat itu juga) sehingga harus segera itu juga dikuburkan. Berbeda dengan Yakub dan Yusuf yang akhirnya tulang-tulangnya dibawa keluar dari Mesir saat Israel dibebaskan dari Mesir. (saya jadi terpikir apakah saudara Yusuf yang lain juga diawetkan tulang-tulangnya untuk dibawa keluar?)

Saya mengaitkan kesedihan Yakub disini dengan pengangkatan kedua anak Yusuf menjadi anak Yakub sendiri. Artinya, Yakub mengakui adanya 3 anak laki-laki yang keluar dari rahim Rahel, yakni Manasye, Efraim, dan Benyamin, karena kasihnya yang besar kepada Rahel. Setelah itu, kedua anak Yusuf ini menjadi wakil dari seluruh saudara Yusuf untuk menerima berkat yang sudah diturunkan sejak Abraham dari Tuhan.

Sebenarnya apakah berkat ini jatuh hanya kepada Yusuf? Sebab memang ayatnya berkata bahwa Yakub memberkati Yusuf. Saat peristiwa di Hakim-Hakim pun, kita bisa membaca bagaimana keturunan Yusuf ini menjadi “sok pahlawan” yang mungkin dikarenakan merasa menerima berkat ini secara ekslusif (cek Gideon).

Kita mengetahui akhirnya memang garis keturunan raja itu hadir dari Yehuda, yang artinya berkat Yakub ini bukanlah khusus diberikan kepada Yusuf. Kita bisa melihat bahwa maksud Tuhan adalah memberkati seluruh dunia melalui Israel dan keturunan khusus akan hadir lewat Yesus Kristus, dan bukan lewat penurunan berkat secara fisik lewat tumpang tangan. Saya jadi membayangkan apakah ada ritual tumpang tangan di dalam keturunan Efraim setelah peristiwa ini.

bersambung

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s