Genesis 43 -Bukan cucumu tetapi Akulah

005-joseph-reunion

Akhirnya makanan yang dibelipun habis. Sekarang Yakub harus menghadapi fakta bahwa anak-anaknya harus kembali ke Mesir. Sangat menarik disini bahwa Yehuda berbincang dengan cara yang berbeda dengan ayahnya.

Jika Ruben menawarkan nyawa kedua anaknya kepada Yakub sebagai ganti Benyamin jika ia tidak kembali, maka Yehuda menawarkan dirinya sendiri jika Benyamin tidak kembali. Selain alasan waktu yang mendesak, saya kira Yakub yang pahit hatinya ini tergugah dengan ucapan Yehuda.

Apa yang Yehuda lakukan disini adalah bayang-bayang akan apa yang dilakukan Kristus sendiri (karena garis Mesias datang dari Yehuda). Khusus dalam hal ini, Yehuda melakukan substitusi akan suatu pelanggaran. Ia pasang badan sendiri kalau dalam istilah yang umum. Berbeda dengan Ruben yang berpikir dengan konsep “mata ganti mata, gigi ganti gigi”, sebab kedua anak Yakub yang hilang diganti kedua anak Ruben, maka Yehuda disini menawarkan dirinya sendiri saja yang dijatuhi hukuman jika terjadi hal yang tidak baik pada Benyamin.

Ya, Yakub tergugah akhirnya. Ia melakukan sesuatu yang seharusnya sudah ia lakukan dua-tiga kali yakni mengijinkan anak-anaknya pergi ke Mesir bersama Benyamin juga. Mungkin saja justru seluruh kejadian setelahnya bisa terjadi lebih cepat. Tapi dari perspektif Yakub saat itu, lebih baik Simeon pasti hilang dibanding ada kemungkinan Benyamin hilang bersama-sama Simeon juga (walau ada kemungkinan lain yakni Simeon dan Benyamin tidak hilang, bahkan Yusuf jadi tidak hilang). Kemungkinan yang sangat baik ini tentunya too good to be true. Masak sih seperti itu? Terlalu indah untuk diambil sebab beresiko besar dalam pengalaman manusia.

Yakub tergugah dengan pernyataan pengorbanan Yehuda yang akan terbukti dikemudian hari. Hal ini juga yang menurut saya akhirnya menjadi salah satu motif mengapa kerajaan Yehuda (Israel Selatan) didukung penuh oleh suku benyamin saja. Walau secara sejarah ada konflik di awal-awal saat suku benyamin yakni Saul diangkat menjadi raja, (apalagi kasus pemerkosaan massal oleh suku benyamin), akhirnya suku Benyamin yang paling setia mendukung kerajaan Yehuda dimana garis Mesias dijanjikan.

bersambung

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s