Genesis 36 -Generasi yang Ditolak

Saya kira bagian silsilah keturunan Esau disini ditulis awalnya oleh Musa sebagai pengingat sejarah bahwa inilah keturunan Esau yang ditolak Tuhan. Sama sekali bukan untuk menyombongkan diri sebagai orang Israel yang dipilih oleh Tuhan. Tapi ini adalah pengingat akan apa yang bisa terjadi jika kita menolak Tuhan.

Sebenarnya apa yang menjadi efek langsung dari ditolak Tuhan? Disini digambarkan Esau hidup bahagia-bahagia saja. Ia toh akhirnya kaya raya walau tidak mendapat berkat Ishak. Ia dikatakan perlu berpisah dari Yakub karena sudah tidak muat lagi tempat itu untuk mereka tinggal. Dan banyak ada juga peristiwa yang mungkin cukup menarik dicatat juga oleh Musa bahwa ada penemu sumber air panas (dalam bahasa lain: perkawinan kuda dan keledai) di antara keturunan Esau. Ntah apakah aslinya yang dimaksud adalah persilangan kedua jenis binatang yang menghasilkan binatang baru (bioteknologi masa lalu) atau sumber air panas, menurut saya artinya Esau hidup baik-baik saja.

Bahkan dikatakan ada daftar keturunan Esau yang menjadi raja di Edom jauh sebelum Israel memiliki raja. Saya tidak merasa keberatan jika memang nyatanya bagian ini ditambahkan redaksi setelah Musa dan justru ini menambahkan poin tujuan ditulisnya silsilah ini. Menurut saya, penting ditambahkan mengenai silsilah raja ini untuk menggambarkan bagaimana akhirnya orang Edom yang dibuang Tuhan ini akhirnya hilang secara identitas dan juga tidak ada lagi raja yang bertahta di tahta Edom. Bandingkan dengan tahta Daud yang kekal sampai saat ini diduduki oleh Kristus.

Jadi, silsilah ini penting sebagai episode perantara dan juga penutup kehidupan Ishak dimana ada anaknya yang ditolak Tuhan dan diceritakan bagaimana anak-anaknya hidup setelah itu, dan juga ada anaknya Ishak yang dipilih Tuhan dimana cerita kehidupannya akan segera dilanjutkan melalui cucunya Ishak sendiri, yakni Yusuf.

bersambung

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s