Genesis 33 -Israel dan Edom Berpisah

2012aa42090

Dalam bacaan kali ini akhirnya Yakub bertemu dengan Esau setelah sekian lama tidak berjumpa setelah peristiwa penipuan Yakub.Yakub yang malam sebelumnya sudah mendapatkan identitas baru dari Tuhan dengan sebutan Israel akhirnya memberanikan diri maju di depan seluruh rombongan untuk bertemu Esau.

Kakinya pincang sebab pangkal pahanya dipukul oleh Tuhan semalam lalunya. Mungkin dengan tersakit-sakit ia berjalan dan berlutut bergantian saat hendak menemui Esau.

Kita bisa membayangkan tindakan berjalan dan menyembah ini sama seperti di kebudayaan Cina saat hendak bertemu Kaisar. Hal ini dilakukan sebagai tanda tunduk kepada Kaisar. Artinya, kali ini Yakub yang menyatakan diri sebagai hamba Esau sekalipun berkat yang diberikan Ishak berkata lain.

Berulang kali Yakub menyatakan dirinya sebagai hamba Esau dan tidak ada tanggapan menyanggah dari Esau. Ntah apa artinya bagian ini. Dari sudut pandang dunia sepertinya Esau memang mengamini dirinya masih tetap si sulung. Toh lihatlah betapa besarnya berkat yang diberikan Tuhan kepada dirinya sampai bisa menolak sesembahan dari Yakub awalnya.

Dari bacaan kali ini, kita juga bisa melihat bahwa sebenarnya Yakub tidak ingin tinggal secara berdampingan dengan Esau sebagaimana ajakan Esau. Yakub menolak ajakan Esau untuk bersama maupun diantar oleh orang-orangnya Esau. Ia akhirnya pun pergi ke tempat lain yakni Sukot dan Sekem, dan tidak ke Seir seperti yang diucapkannya kepada Esau sebelum berpisah.

Ntah bagian di atas mau ditafsirkan sebagai pembohongan Yakub lagi atau sekedar adat sopan santun dalam menolak, intinya Yakub tidak menhendaki kebersamaan secara fisik bersama Esau seperti sedia kala. Saya sendiri tidak tahu baiknya apakah memang Yakub harus seperti itu atau harus berusaha melawan ketidak-nyamanan dirinya untuk akhirnya hidup bergaul kembali dengan Esau dan keluarganya. Membangun persahabatan atau perjanjian antara keluarga mungkin? Atau sejenisnya.

Yang pasti,setelah peristiwa ini, tidak akan ada lagi interaksi antara Edom dan Israel dalam level petinggi untuk hal rekonsiliasi. Edom dan Israel akhirnya hidup secara independen dan suatu saat nanti akan ada terlibat perang satu sama lain, tapi tidak pernah lagi hidup berdampingan sebagai anak cucu Abraham penerima janji Tuhan, sebab memang nyatanya Yakublah penerus garis berkat itu.

Jadi akhirnya, dalam pergumulan Yakub, tindakan Yakub untuk tidak hidup bergaul kembali dengan Esau semakin memantapkan rencana Tuhan sendiri yang sudah Ia janjikan kepada Abraham dan Ishak. Jadi, take away pointnya minimal : jangan takut untuk melangkah jika memang kita sudah bergumul di hadapan Tuhan, Dia sendiri yang akan memakai langkah itu menjadi alat di tanganNya.

bersambung

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s