Genesis 32 — Inginkah Engkau Melihat Wajah Tuhan?

To love another person is to see the face of God

Cuplikan lirik di atas sangat indah didengar. Haru dan air mata mungkin mengalir mengantar kepergian Jean Valjean di hadapan Cosette dan Marius. Fantine yang sudah lebih dahulu meninggal terlihat tersenyum menantikan Valjean berjalan ke arah Bishop Myriel. Semua tersenyum, semua bahagia, sebab sekarang penderitaan itu telah selesai dan ini saatnya menghadap Tuhan secara nyata.

Tapi sungguhkah sebenarnya kita harus seterharu itu ingin melihat wajah Tuhan?
Segitu mudah dan ringankah perkara melihat wajah Tuhan?
Hanya sekedar mencintai seorang lain menurut Victo Hugo dalam filmnya Les Miserables di atas, benarkah?

Alkitab mempunyai narasi yang berbeda tentang hal ini. Melihat wajah Tuhan bukanlah hal mudah yang dengan syahdu bisa dialami setiap orang. Tidak! Bahkan singkatnya, Tuhan sendiripun tidak membiarkan wajahNya dilihat begitu saja oleh manusia.

Dalam bacaan Kejadian kali ini, Yakub sebenarnya menunjukkan sikap yang wajar saat dihadapkan dengan “wajah Tuhan” — takut dan gentar. Sebenarnya, rasa takut Yakub awalnya salah ditujukan. Ia malahan memberikan rasa takut tersebut dalam hal “akan bertemu wajah Esau”. Namun, Tuhan mengubah paradigma itu saat Dia sendiri akhirnya datang ke hadapan Yakub (tanpa memperlihatkan wajah), dan membuat Yakub sadar bahwa sesungguhnya Yakub harus lebih takut bertemu Tuhan ketimbang bertemu Esau.

Jika Yakub segitu takutnya bertemu Esau karena dia tahu akan dosa masa lalunya terhadap Esau, apakah kita lalu segitu takutnya juga bertemu Tuhan karena mengingat dosa kita?
Apakah kita segitu menganggap entengnya penebusan Kristus yang sebenarnya menjadikan kita layak menghadap Tuhan tanpa rasa takut lagi?
Apakah lalu kita lupa bahwa kerubim yang tidak berdosa itu pun tetap menutup wajah mereka saat mereka melayani Tuhan semesta alam di tahtaNya?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s