Genesis 31 — Poligami bukanlah rancangan Tuhan – part 2

Dalam kesempatan ini, saya hanya ingin kembali menekankan poin yang sudah dibahas sebelumnya di bagian ini. Kali ini saya mengutip perkataan dari seorang Laban sendiri yang bisa dibilang tidaklah semurni itu beribadah kepada Allahnya Abraham, Ishak, dan Yakub.

Laban said, “This heap is a witness between you and me today.” Therefore he named it Galeed, and Mizpah,for he said, “The Lord watch between you and me, when we are out of one another’s sight. If you oppress my daughters, or if you take wives besides my daughters, although no one is with us, see, God is witness between you and me.

Sangat menarik bahwa persoalan yang diangkat Laban disini adalah hal keekslusifan pernikahan namun hanya terbatas pada “harus hanya anak saya”.

Ternyata Alkitab memberikan dinamika hidup yang lebih kompleks paska kejatuhan dalam dosa. Rancangan semula pernikahan yang dibuat untuk satu laki-laki dan satu perempuan, akhirnya bermutasi menjadi berbagai jenis varian dalam masyarakat dimana seluruh kebudayaan ini sebenarnya harus ditebus supaya kembali kepada rancangan semula.

Laban dalam hal ini tidak peduli dengan jumlah istri Yakub. Baginya punya dua istri tidak mengapa asalkan semuanya itu berasal dari anak dia saja. Yakub tentunya akhirnya melakukan ini bukan karena perintah mertuanya, melainkan karena memang dia mengerti ketentuan aslinya seperti apa. Bahkan sebenarnya Tuhan mengonfirmasi ini dengan posisi penguburan Yakub yang hanya didampingi Lea, istri pertamanya yang tidak dikasihinya itu.

bersambung

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s