Genesis 28 — Perjalanan Awal Seorang Yakub

Di bagian ini, kita bisa melihat dengan jelas bahwa Ishak memang tidak marah walau sudah “salah” memberkati Yakub. Ia bahkan dengan jelas mengatakan kalimat pengutusan Yakub ke Padan Aram dengan perkataan berkat Abraham mengenai tanah dan keturunan. Lalu ada satu hal yang menarik perhatian saya saat membaca berkat dari Ishak ini

Kejadian 28:2
Bersiaplah, pergilah ke Padan-Aram, ke rumah Betuel, ayah ibumu, dan ambillah dari situ seorang isteri dari anak-anak Laban, saudara ibumu.

Perhatikan kata “seorang” disitu. Artinya memang sejak awal keluarga patriark kita ini tidak mengakui poligami. Mungkin bagian ini bisa disanggah dengan berbagai macam usulan berdasarkan lingkungan dan sebagainya. Tapi setidaknya inilah yang ditinggalkan Tuhan lewat AlkitabNya untuk kita pelajari. Sejak awal memang sudah ditentukan hubungan suami istri itu hanyalah monogami dan monoandri, satu suami dan satu istri.

Memang betul jika akhirnya Yakub malah membawa pulang 2 istri lengkap dengan 2 gundik sebagai hasil perjalanan dia, namun sebuah kejadian harus bisa kita pilah mana yang prinsip dan mana yang hasil keberdosaan manusia. Tuhan sangat bisa menunggangi keberdosaan manusia untuk menggenapi rencanaNya sendiri.

Setelah bagian itu, kita melihat peristiwa Bethel. Ini pertama kalinya digambarkan bahwa Tuhan menampakkan diri kepada Yakub lewat mimpi. Kita sendiri memang tidak melihat Yakub akhirnya berinteraksi dengan Tuhan sebab ia baru merespons setelah bangun tidur. Tapi dari sini kita bisa melihat bahwa pergumulan Yakub pada saat itu adalah “saya jauh dari keluarga dan saya mungkin mati. saya mau perjalanan saya berhasil.”

Saya berkata demikian sebab faktanya Tuhan sudah mengatakan janjiNya kepada Yakub sebagaimana Dia menyatakan janjiNya kepada Abraham dan juga Ishak. Namun, respons yang diberikan Yakub bukanlah perihal janji itu sendiri namun mengenai apa yang ia butuhkan saat itu juga (yaitu makanan dan pakaian untuk selamat dalam perjalanan).

Pada saat kita membaca bagian ini, mungkin dalam hati kita sudah mulai terbiasa dengan Tuhan yang berjanji dan menepati. Sehingga buat kita sepertinya janji pertama Tuhan ini sangatlah wajar dikatakan dan sambil lalu kita menghiraukan ungkapan nazar Yakub sebagai biasa saja. Namun, ini sebenarnya sangatlah penting untuk dicatat sebagai bagian dari perjalanan iman Yakub setelah ini.

  1. Tuhan menampakkan diri dan mengucapkan janji yang serupa kepada Abraham dan Ishak mengenai tanah dan keturunan. Hal yang perlu dicatat adalah adanya sebutan tentang “melalui keturunanmu, seluruh bangsa akan mendapat berkat”. Ini prekursor kepada Kristus yang memang akan menjadi berkat bagi seluruh bangsa
  2. Yakub terbangun dari tidurnya dan merespons tentang keberadaan Tuhan di tempat itu
  3. Keesokan harinya ia mendirikan monumen dan bernazar. Ia mau menjadikan Tuhan sebagai Tuhannya jika Tuhan ini menyukseskan perjalanan ia sampai kembali ke rumah ayahnya. Dan disini ia juga berjanji akan perpuluhan
  4. Jadi apakah nazar ini benar dilakukan? Bersambung
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s