Genesis 22 & Exodus 12 – Selamat Paskah!

from http://www.illustratedbible.net/passover.gif

Paskah diambil dari kata Pesach. Dalam bahasa Inggrisnya disebut Passover yang artinya melewati. Peristiwa ini dikenang oleh bangsa Israel pertama-tama karena malaikat maut melewati (passover) rumah mereka saat tulah ke sepuluh terjadi. Tulah tersebut menyebabkan seluruh anak sulung di Mesir meninggal. Dan tidak tanggung-tanggung, yang meninggal adalah dari anak sulung raja FIraun sampai anak sulung hewan ternak mereka. Sedangkan, untuk setiap rumah yang di ambang pintunya dioleskan darah domba, maka rumah itu dilewatkan sehingga anak sulung di dalam rumah itu selamat.

Peristiwa ini peristiwa yang sangat besar sampai akhirnya Firaun mengusir bangsa Israel keluar dari tanah Mesir walau sebelumnya ia sangat bersikeras menawan bangsa Israel menjadi budaknya.

Saat ini, umat Kristen juga merayakan Paskah bahkan berani menyatakan bahwa Paskah yang dirayakan bangsa Israel adalah tipologi atau suatu penunjuk pada peristiwa Paskah sesungguhnya yang terjadi 2000 tahun yang lalu. Paralelnya sangat nyata dan jelas. Jaman sekarang mungkin orang akan berpikir umat Kristen melakukan cocok-logi akan peristiwa-peristiwa ini. Namun, sebenarnya jika Tuhan yang benar itulah yang membuat semua settingan ini, mengapa kita tidak tunduk pada pewahyuan yang Ia sampaikan? Atau setidaknya menyimak pertanggung jawaban iman yang umat Kristen punya?

  1. Ada domba yang disembelih
    Domba ini memiliki ciri jantan, setahun, dan tidak bercela. Domba ini adalah tipologi Kristus yang juga “disembelih” atau lebih tepatnya dikurbankan di atas kayu salib. Ada banyak argumen lain untuk kasus “Kristus adalah Anak Domba Allah”, tapi untuk artikel ini saya berhenti disini saja.
  2. Darah domba ini dioleskan di ambang pintu sebagai penanda supaya malaikat maut lewat
    Hanya dan hanya dengan mengoleskan darah ini di ambang pintu maka rumah tersebut dilewatkan dari bahaya tulah terakhir. Paralelnya, hanya dan hanya yang percaya pada Kristuslah yang dirinya dibasuh bersih oleh darah Kristus sendiri (tentu saja ini figuratif dan tidak literal bermandikan darah). Darah Kristus ini tercurah di atas kayu salib untuk menebus dosa manusia, dan barang siapa yang percaya pada Kristus akan dilewatkan oleh maut itu sendiri. Tentu maksudnya bukan manusia ini hidup selamanya secara fisik, namun ia tidak akan mati kekal di dalam neraka melainkan hidup kekal di sorga bersama Tuhan
  3. Setiap keluarga haruslah memakan daging domba yang disembelih itu
    Dikatakan mereka harus memakan itu dalam keadaan siap sedia untuk keluar dari Mesir. Jadi mereka memakai seluruh pakaian mereka komplit dengan sendal sebab memang sewaktu-waktu mereka akan diusir paksa oleh warga Mesir yang mengalami musibah luar biasa besar. Saat ini, Kristus memerintahkan bahwa setiap orang yang percaya padanya harus melakukan perjamuan roti dan anggur untuk mengingat dia. Roti adalah tubuh Kristus dan anggur adalah darahNya. Saya tidak akan masuk ke perdebatan trans-substansiasi atau yang lainnya itu disini. Tapi intinya dalam peristiwa Paskah akan selalu ada perjamuan diantara umat (bahkan kadang berubah jadi perjamuan kasih berbentuk bubur di beberapa gereja, not bad sih, tapi ini adalah tambahan sendiri)
  4. Paskah adalah peristiwa pembebasan
    Untuk bangsa Israel, Paskah adalah pembebasan dari perbudakan Mesir. Ini adalah peristiwa yang menunjuk pada peristiwa paskah sesungguhnya yaitu saat Kristus bangkit mengalahkan maut dan menunjukan bahwa perbudakan dosa sudah berakhir untuk umatNya.

Dari sini, peristiwa Paskah yang dirayakan oleh umat Kristen adalah Paskah sejati yang ditunjuk oleh peristiwa Paskah yang dirayakan oleh bangsa Israel. Tidak perlu berdebat tentang Paskah siapa yang lebih unggul disini sebab hanya satu peristiwa saja yang perlu menjadi sorotan disini, yaitu kebangkitan.

Jika Yesus tidak bangkit, maka semua klaim saya di atas adalah sia-sia. Itulah satu elemen baru yang dibukakan Allah pada manusia melalui peristiwa paskah 2000 tahun yang lalu.

Kebangkitan dari orang mati. Banyak yang menuduh Paulus sebagai biang keladi berkembangnya ajaran kekristenan. Buat saya ini argumen wajar karena mayoritas kitab perjanjian Baru adalah tulisan Paulus dalam bentuk surat kepada jemaat. Tapi rasanya argumen ini belum memasukkan fakta bahwa Paulus sendiri menulis bahwa apa yang dia tulis akan segera gagal total jika Kristus sendiri memang tidak bangkit dan masih dalam kubur.

Jika Kristus masih dalam kubur, maka maut tidak dipatahkan kuasanya, maka manusia sampai saat ini masih hidup dalam dosa dan tidak berpengharapan.

Argumen Paulus disini tidaklah mengandai-andai jika Kristus tidak bangkit, maka agama Yahudi benar, atau maka dibutuhkan nabi terakhir yang ultimat di kemudian hari. Argumen Paulus disini langsung menuju inti permasalahannya yaitu bahwa bukti nyata yang jelas bahwa maut masih tetap berkuasa jika Kristus tidak bangkit. Paulus tidak berposisi bahwa jika Kristus tidak bangkit maka seluruh pemikiran awal dia salah, tapi dia justru mengambil konklusi logis dari cara pikir yang ia bangun sebelumnya — yang salah satunya adalah bahwa setiap manusia akan bertemu maut suatu saat nanti akibat upah dosa mereka sendiri.

Siapa yang bisa mengalahkan maut disini? Jika Kristus tidak bangkit, maka iman Kristen sia-sia. Lalu menurut saya, bukan berarti ada salah satu agama lain yang “therefore” menjadi benar. Mengapa? Sebab tidak ada yang memberikan solusi untuk mengalahkan maut. Satupun. Tolong tunjukkan jika memang ada.A

bersambung ke Genesis 22

Side note:
Mungkin ada pembaca yang berpikir untuk menyanggah bahwa Kristus tidaklah mati sebab ia digantikan dan diselamatkan Allah dari salib, jadi tidak perlu berdebat apakah dia bangkit atau tidak. Fair enough. Tapi ujungnya tetap sama bahwa dalam cara pikir ini, Ia tetaplah mati sampai saat ini. Therefore, tetap tidak ada yang bisa mengalahkan maut.

Tapi Tuhan bisa!”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s