Genesis 21 — The Improbable Baby

Kitab Kejadian menjelaskan keadaan Abraham dan Sarah yang sudah sangat tua saat peristiwa Ishak lahir terjadi. Sarah sudah mati haid dan Abraham sudah layu (mungkin maksudnya impoten) sehingga peristiwa kehamilan sangatlah tidak mungkin terjadi.

Banyak sanggahan tentang keadaan Abraham sendiri sebab faktanya ia masih bisa mempunyai anak banyak setelah kematian Sarah lewat Keturah. Jadi apakah memang Abraham tidak bisa punya anak lagi? Mungkin tidak begitu juga.

Jadi sekarang, ketidak mungkinan adalah di pihak Sarah sebab memang ia dikatakan mandul sejak awalnya. Para patriark ini memang dicatat selalu berurusan dengan istri yang cantik dan juga mandul. Kemandulan disini tidak didefinisikan dengan jelas penyebabnya. Dengan kemajuan kedokteran yang kita miliki sekarang, mungkin kita sangat ingin sekali mengetahui apakah ini permanen atau tidak.

Mengapa? Sebab klaim yang ingin diberikan di narasi ini adalah ketidak mungkinan kehamilan Sarah terjadi. Namun, dari perspektif modern, kita bisa juga mengatakan bahwa kehamilan Maria lebih tidak mungkin dari kehamilan Sarah.

Jika Maria melahirkan Yesus karena Roh Kudus yang menaunginya (tanpa benih laki-laki), maka Sarah melahirkan Ishak dengan benih laki-laki dan mujizat dari Tuhan.

Saya sebenarnya sangat bingung membayangkan Sarah yang digambarkan tua namun hendak dijadikan istri oleh Abimelek. Jika kita mengatakan bahwa Sarah masih sedemikian cantik (hingga diingini Abimelek), mengapakah ia mengatakan “semua orang akan tertawa mengetahui Sarah melahirkan anak”?

Jadi sebenarnya apakah berarti Sarah itu masih cantik (sehingga diingini Abimelek), namun memang sudah mati haid saja? Mungkin memang kondisi biologis manusia saat itu berbeda dengan kondisi kita saat ini.

Apapun detil yang terjadi saat itu, poin dari narasi ini adalah bahwa Ishak adalah anak perjanjian yang kehadirannya  menyatakan kuasa Allah kepada setiap orang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s