Genesis 20 — Dicegah Tuhan untuk berbuat dosa

Kejadian 20:6

Lalu berfirmanlah Allah kepadanya dalam mimpi: “Aku tahu juga, bahwa engkau telah melakukan hal itu dengan hati yang tulus, maka Akupun telah mencegah engkau untuk berbuat dosa terhadap Aku; sebab itu Aku tidak membiarkan engkau menjamah dia.

Abimelek dicegah Tuhan untuk berbuat dosa yang besar jika akhirnya sampai bersetubuh dengan Sara. Disini kita melihat Tuhan secara aktif mencegah hal itu terjadi. Alasannnya cukup jelas karena memang ada rencana besar yang akhirnya tidak terpenuhi jika sampai Abimelek menyentuh Sara — garis juruselamat.

Hal ini sebenarnya harus menyentak kita dengan luar biasa, terutama jika hidup kita sudah sering kali dipenuhi dengan dosa. Apakah Tuhan membiarkan kita sama halnya seperti Sodom dan Gomora yang akhirnya dihancurkan karena dosa mereka sendiri?

Abimelek pun sebenarnya diberikan pilihan oleh Tuhan demikian di ayat selanjutnya

Kejadian 20:7

Jadi sekarang, kembalikanlah isteri orang itu, sebab dia seorang nabi; ia akan berdoa untuk engkau, maka engkau tetap hidup; tetapi jika engkau tidak mengembalikan dia, ketahuilah, engkau pasti mati, engkau dan semua orang yang bersama-sama dengan engkau.”

Walau dicegah, tetapi akhirnya Tuhan memberi tahu pilihan yang tersedia untuk Abimelek. Saya tidak membaca ini akhirnya Tuhan memberikan rencananya kembali mungkin digagalkan. Dari perspektif manusia, kita bisa melihat bahwa Abimelek berarti diberikan kesempatan berbagian dalam rencana Tuhan untuk menyelamatkan garis keturunan juruselamat.

Dan Abimelek bersedia mengembalikan Sara dan tidak mengeraskan hati melawan Tuhan.

Selama kita masih hidup, kita diberikan kesempatan untuk bertobat. Jika kita tengok kembali ke belakang, berapa kali sebenarnya Tuhan sudah mencegah kita berbuat dosa? Berapa kali justru akhirnya kita malah memilih untuk tidak mau dicegah dan akhirnya berdosa?

Selalu ingat ayat ini jika akhirnya cobaan itu datang lagi

1 Korintus 10:13

Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s