Genesis 19 — Paralel Antara Nuh dan Lot

Peristiwa pemusnahan kota Sodom dan Gomora diparalelkan dengan peristiwa pemusnahan umat manusia dengan air bah oleh Tuhan. KIta bisa melihat beberapa paralelnya antara dua peristiwa ini, baik yang berlawanan maupun yang senada.

  1. Pengumuman pemusnahan disampaikan ke satu orang (keluarga)

    Nuh mendapat wahyu Tuhan bahwa akan ada air bah sehingga ia diperintahkan membuat bahtera.
    Lot diperintahkan mencari sanak saudara yang bisa ia yakinkan untuk mengungsi karena Tuhan akan menghukum kota Sodom itu

  2. Penolakan terjadi oleh orang-orang sekitar

    Sama seperti Nuh yang ditolak beritanya oleh semua orang, Lot juga ditolak beritanya oleh calon menantunya yang menganggapnya sedang bercanda akan hukuman Tuhan.

  3. Nuh patuh, Lot tidak

    Berbeda dengan Nuh yang setia membuat bahtera walaupun tidak ada seorang lain yang percaya akan beritanya, Lot sangat enggan sekali keluar dari kota Sodom yang sudah jelas-jelas dibilang akan dibinasakan oleh Tuhan.
    Fakta yang menggambarkan tidak adanya kepanikan saat Lot mengungsi ke Zoar membuat saya berpikir bahwa mungkin sekali memang tidak ada tanda-tanda hujan belerang sama sekali. Hal ini senada dengan pesan kedua malaikat bahwa mereka tidak dapat berbuat apa-apa sampai Lot dalam keadaan selamat di Zoar.

  4. Tuhan menghukum habis manusia yang jahat

    Dalam peristiwa air bah, Tuhan berjanji tidak akan memusnahkan manusia seluruhnya lagi dengan air bah. Dalam peristiwa kali ini memang Tuhan menepati janjiNya dengan menggunakan api dan belerang. Tuhan juga menyelamatkan Lot karena ia mengingat Abraham.

  5. Nuh dan Lot mabuk (dimabukkan) setelah kejadian

    Sepertinya menarik untuk digaris bawahi bahwa Nuh mabuk dan mempunyai kasus dengan Ham yang akhirnya melihatnya telanjang. Nuh mengutuk Ham dan memberkati Sem dan Yafet atas tindakan mereka menutup aurat ayahnya tersebut.
    Sedangkan Lot dimabukkan oleh kedua anak gadisnya karena mereka berdua putus asa mendapatkan lelaki lain di daerah gua tersebut. Lot akhirnya diperkosa oleh kedua anak gadisnya demi mendapatkan keturunan.

bersambung

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s