Genesis 19 — Ingatlah Istri Lot

MountSodom061607
sumber dari wikipedia. Lot’s Wife Pillar

Di kitab Lukas, ada satu ayat yang secara khusus menuliskan kalimat yang seperti di judul.

Ingatlah akan isteri Lot!

Lukas 17:32

Mengenai istri Lot sering digambarkan sebab wanita ini teringat akan harta bendanya yang ditinggal di Sodom sehingga dia menoleh ke belakang. Dalam konteks di kitab Kejadian sendiri tidak diberitahu alasan wanita ini menoleh ke belakang. Namun, dalam kitab Lukas, kita bisa mengira-ngira alasan dia menoleh.

Sejalan dengan ucapan Tuhan Yesus sendiri di satu konteks kotbah saat itu, berarti wanita ini memang kemungkinan mengingini hartanya untuk diambil kembali.

Barangsiapa pada hari itu sedang di peranginan di atas rumah dan barang-barangnya ada di dalam rumah, janganlah ia turun untuk mengambilnya, dan demikian juga orang yang sedang di ladang, janganlah ia kembali. Ingatlah akan isteri Lot! Barangsiapa berusaha memelihara nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya, ia akan menyelamatkannya.

Lukas 17:31-33

Siapa yang menyangka saat suaminya (Lot) sudah bisa duduk di gerbang kota lalu hukuman itu akhirnya datang? Duduk di depan gerbang kota artinya sudah menjadi petinggi di kota tersebut. Saya sendiri tidak bisa memastikan alasan Lot bisa mendapat posisi tinggi tersebut. Ada beberapa alasan yang saya bisa terpikir

  1. Lot memang pintar berpolitik dan berelasi

    Mungkin saja Lot memang pintar dalam berelasi sehingga ia bisa meraih posisi tinggi di komunitas itu walaupun ia seorang pendatang.

  2. Lot naik kedudukan karena rasa hutang pada Abraham

    Kita masih mengingat bahwa Abrahamlah yang menyelamatkan seluruh kota Sodom saat mereka disandera oleh raja-raja di perang sidim (disini). Mungkin seluruh rakyat merasa berhutang pada Abraham sehingga Lot dihormati di Sodom ini. Hal ini juga didukung oleh bukti respons masyarakat saat Lot melarang mereka memperkosa kedua malaikat yang menginap di dalam rumah Lot.

    Tetapi mereka berkata: “Enyahlah!” Lagi kata mereka: “Orang ini datang ke sini sebagai orang asing dan dia mau menjadi hakim atas kita! Sekarang kami akan menganiaya engkau lebih dari pada kedua orang itu!” Lalu mereka mendesak orang itu, yaitu Lot, dengan keras, dan mereka mendekat untuk mendobrak pintu.

    Kejadian 19:9

Siapa sangka saat suami sudah bisa naik pangkat justru malah musibah terjadi?

Dari sini kita bisa mulai menyelidiki apakah yang hati kita sungguh-sungguh rindukan? Hal apakah yang paling kita inginkan? Mungkin kita sering mendengar untuk mengingat orang-orang kudus sepanjang jaman tentang hidup mereka. Itu benar dan sangat biblikal.

Namun spesial kali ini lewat perkataan Yesus sendiri kita diperintahkan untuk mengingat akan isteri Lot!

bersambung

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s