Tips dan Trik Olimpiade Fisika — Introduction

Sekali lagi, saya menulis ini bukan karena saya berprestasi gemilang di olimpiade fisika. Masih banyak kawan-kawan yang akhirnya meraih prestasi lebih baik dari saya. Terlepas dari itu, setidaknya saya ingin membagikan beberapa tips yang saya peroleh selama perjuangan di olimpiade fisika dulu.

Beberapa tips umum yang saya ingin bagikan

  1. Perkuat konsep setiap topik

    Fisika tanpa mengerti konsep secara mendalam itu sama saja bohong. Konsep bisa dipelajari dan dilatih (drilling) setiap harinya dengan soal-soal yang menantang. Saya rasa di internet sudah banyak sekali bank soal yang bisa kawan-kawan peroleh seperti I.E. Irodov (buku klasik yang wajib) dan soal-soal dari kompetisi fisika universitas internasional manapun.

  2. Matematika itu memang bukan segalanya, tapi penting

    Ada pernyataan yang menurut saya bisa salah kaprah kalau dihayati dengan serius. Sering kita dengar “mengerjakan fisika tanpa kalkulus”. Memang betul bahwa soal-soal yang awal-awal tentang fisika bisa dicari cara kreatifnya tanpa melibatkan kalkulus. Namun, suka atau tidak, kedepannya matematika menjadi alat utama dalam mengerti rumus fisika.

  3. Jangan tabu untuk menghapal, namun jangan malas lalu menghapal

    Betul sekali bahwa setiap rumus lebih baik diturunkan dari konsep dasar ketimbang dihapal. Namun, kita tetap harus jangan merasa tabu untuk menghapal. Problem fisika itu cuma segitu-segitu aja variasinya. Dengan menghapal beberapa hal umum, kita bisa mempersingkat proses kerja kita. Namun, sekali lagi, jangan kita malas menurunkan sendiri hal yang kita sudah hapal. Hapalan ini tidak akan berguna jika kita menemukan soal yang baru dan disinilah pengetahuan dasar kita diuji.

  4. Jangan mudah menyerah lalu meminta spoiler solusi dari teman

    Akhirnya kamu akan mengerjakan soal fisika itu sendiri selama 5 jam di dalam sebuah bilik. Teman kamu disitu hanya air minum, coklat, dan makanan kecil lainnya. Latihlah dirimu untuk mengerjakan soal yang rumit tanpa bantuan orang lain supaya kamu terbiasa berpikir untuk menghadapi masalah.

  5. Jangan ragu untuk berdiskusi solusi dengan teman

    Ini mungkin kontradiksi dengan yang di atas. Tapi, berdiskusi dengan teman bisa menambah wawasan kita tentang teknik problem solving orang lain. Jangan lupa untuk berbagi juga cara kita menyelesaikan masalah.

  6. Latihan, latihan, dan latihan terus

    Akhirnya, latihan soallah yang akan membuat otak kita terbiasa menyelesaikan masalah fisika.

bersambung
tips teori
tips eksperimen

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s