Tips menjadi ilmuwan yang baik

Saya menulis ini bukan karena saya sudah menjadi ilmuwan yang baik. Namun ada positifnya jika saya bagikan pengalaman selama ini menjadi ilmuwan dan menyarikan nilai-nilai yang perlu diperjuangkan. Tulisan ini tidaklah dimaksudkan untuk menjadi tulisan yang komprehensif dan sewaktu-waktu bisa diperbaharui sesuai situasi.

  1. Motivasi yang jelasBerkarir di dunia sains bagai menjadi seorang pionir di daerah yang belum ada penduduknya. Motivasi kita sangat diperlukan saat kita sudah berjalan. Tanpa motivasi, kita akan bingung akan langkah ke depan. Bayangkan kita berada di gurun pasir yang luas tanpa kompas. Kemanapun kita berjalan akan membuat kita tambah lelah dan mungkin tidak akan sampai kemanapun. Maka tetapkan motivasi yang jelas dari awal saat hendak mengambil satu proyek.
  2. Wawasan yang luasTentu saja seorang ilmuwan adalah orang yang cerdas. Namun, biasanya ilmuwan hanya cerdas di bidangnya sendiri saja. Kita memang tidak dipanggil menjadi ahli di bidang apapun, namun jangan menutup diri kita mempelajari hal yang baru dan asing sebab mungkin hal ini yang akan membantu kita menyelesaikan masalah kita di kemudian hari. Selalu mencari informasi adalah kunci penting bagi seorang ilmuwan. Jaman sekarang kita bisa dapatkan semua itu dengan mudah lewat internet maupun interaksi dengan orang lain.
  3. Kolega yang handalSupervisor college saya pernah berkata bahwa (parafrase)

    in physics, do not be the smartest guy in the room. But be the guy who can know the available skills around to solve the problem

    Intinya, kita mungkin bukan orang terpintar di dalam suatu komunitas, namun jaringan yang kita miliki bisa membantu kita menyelesaikan masalah. Kolaborasi menjadi hal yang sangat penting sekali. Tentunya kita juga tidak lupa berusaha menjadi kolega yang handal bagi orang lain.

  4. KreativitasWalau kita sudah punya motivasi yang jelas, kadang perjalanan proyek kita terendat karena suatu masalah. Tidak jarang solusinya sebenarnya sudah di depan mata. Yang kita butuhkan hanya sedikit cara pandang yang berbeda dan masalahpun bisa diselesaikan.
  5. Dukungan danaHal ini yang memang menjadi rintangan terbesar menjadi ilmuwan. Kita bukanlah seorang pebisnis yang bisa menghasilkan uang dari pekerjaan kita sendiri. Kebutuhan dana ilmuwan juga sebenarnya relatif besar dan bukan sekedar membeli obeng dan mur. Maka dari itu, perencanaan yang tepat tentang perolehan dan pengelolaan dana sangatlah diperlukan. Dalam sejarah, ilmuwan yang berhasil membuat ground breaking experiment biasanya didukung oleh raja/pemerintah/pebisnis yang mempunyai interes di bidang tersebut.
  6. Dukungan orang terdekatSuka atau tidak, orang yang paling dekat dengan kitalah yang menjadi dorongan utama kita. Saat kita sedang “kemarau” dengan faktor-faktor yang di atas, mungkin hanya pasangan kita yang bisa mendukung kita secara moril. Untuk yang ini, saya sudah membuktikan 🙂
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s