Genesis 14 – The Battle of Siddim

Lokasi lembah siddim
Lokasi lembah siddim

Disini kita membaca perang yang dicatat pertama kali di Alkitab. Ini tentunya bukan perang yang pertama terjadi.

Setelah Lot memilih untuk tinggal di dekat Sodom, Abraham berpindah ke Mamre di Hebron. Kita mungkin merasa bahwa apa yang dialami Lot seperti hukuman dari Tuhan sebab dia sudah bersikap egois dalam urusan dengan pamannya. Kita tidak tahu pasti alasannya kenapa Lot mengalami ini. Namun Alkitab mencatat bahwa raja-raja di sekitar Lot tinggal memutuskan untuk memberontak kepada raja-raja Mesopotamia. Hal ini cukup umum dilakukan dimasa lalu saat seorang pemimpin tidak lagi membayar upeti kepada raja yang lebih berkuasa. Mungkin mereka berpikir bahwa mereka cukup kuat bersatu melawan raja-raja Mesopotamia ini jika perang harus terjadi. Namun apa daya mereka akhirnya harus kalah dan melarikan diri sampai ke celah-celah bukit.

Raja-raja Mesopotamia ini pulang dengan membawa jarahan barang dan orang dimana Lot termasuk didalamnya. Hal inilah yang memicu Abram melakukan operasi penyelamatan dengan membawa sekutu yang dia dapatkan saat tinggal di Mamre dan Hebron. Disini kita bisa melihat bahwa Abram cukup bisa berbaur dengan sekitarnya menjadi kawan tinggal bersama walaupun dia sudah tahu bahwa di kemudian hari Tuhan akan memberikan tanah tersebut kepada dirinya. Abram tidak bersikap menjadi penguasa di atas tanah tersebut dan tetap menjadi sesama bagi tetangganya.

Setelah Abram mengalahkan pasukan Mesopotamia ini (walau dengan pasukan yang sedikit), ada hal yang menarik terjadi. Ada seorang iman Allah yang Maha Tinggi bernama Melkizedek datang kepada Abram. Dikatakan ia adalah raja Salem yang berarti Yerusalem. Peristiwa pasukan Abram yang mengalahkan raja-raja Mesopotamia ini ternyata menyebar cukup luas sehingga seorang Melkizedek pun tahu dan datang kepada Abram. Untuk eksposisi ayat-ayat tentang Melkizedek tentunya kita bisa baca sendiri dengan lengkap di kitab Ibrani.

Hal yang menarik setelah kemenangan ini adalah nazar Abram kepada Allah perihal harta jarahan dari perang ini. Saya berpikir mungkin Abram memang bernazar seperti ini sebab dia datang untuk menyelamatkan Lot dan bukan karena harta jarahannya. Padahal, sudah menjadi hal yang wajar dalam peperangan untuk berbagi harta jarahan. Ini juga mungkin menjadi insentif bagi rekan-rekan Abram untuk membantu dia berperang dalam misi menyelamatkan Lot ini. Namun Abram menunjukkan dirinya sebagai orang yang sudah diberkati Tuhan dengan menolak tawaran raja Sodom ini.

Lagipula, raja Sodom seperti terlihat mengasihi penduduknya dengan membiarkan Abram mengambil harta ketimbang mengambil orang-orang ini sebagai budaknya Abram. Namun menurut saya ini adalah tawaran yang cukup licik mengingat raja ini tidak menyelamatkan mereka sama sekali. Abram-lah yang bertindak cukup bijak hendak mengembalikan apa yang sebelumnya menjadi kepunyaan raja yang sudah kalah ini.

Kita bisa berargumen banyak hal tentang alasan Abram menolak harta jarahan tawaran Sodom ini. Ada yang mengatakan bahwa Abram tidak bisa menerima harta dari orang yang berdosa. Hal ini sangat aneh jika disandingkan dengan fakta bahwa Abram menerima harta dari Mesir. Dalam rangka pikir ini, mungkin lebih tepat dikatakan bahwa Sodom itu secara khusus memang dicatat sangat berdosa sedangkan Mesir tidak diberi komentar apa-apa. Tapi menurut saya tetap akhirnya keberdosaan bukanlah alasan utama penolakan Abram.

Lebih aman berdiri di asumsi sederhana bahwa Abram sudah bernazar demikian kepada Tuhan sebelum dia berperang. Hal ini ternyata sudah dipimpin Tuhan sebab memang akhirnya Tuhan berencana memusnahkan Sodom dengan hujan api dan belerang. Sodom diberikan peringatan lewat peristiwa kekalahan perang ini namun tetap tidak bertobat dan tetap harus dihancurkan akhirnya. Dari sini kita bisa melihat gambaran lebih luasnya mengapa peristiwa perang ini diijinkan Tuhan selain hanya dari sekedar untuk menghukum Lot (yang menurut saya juga kurang do justice).

bersambung

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s