Genesis 12 – Part 2 & Genesis 13 – Intro

Melanjutkan perjalanan Abram ke Mesir, kita melihat Patriark satu ini menunjukkan satu karakternya yang akan menjadi ciri khas dari keluarganya, yaitu berbohong. Mungkin kita berpendapat bahwa Abram tidak berbohong sebab Sarai memanglah saudaranya perempuan sebab ia lahir dari saudara laki-lakinya. Lebih tepatnya, Sarai adalah keponakan dari Abram sendiri. Mengenai kebohongan, saya tidak percaya adanya bohong putih dan bohong hitam. Sekali kita tidak mengatakan kebenaran maka itu namanya berbohong (ini bisa dibahas di tulisan yang lain).

Abram mengatakan Sarai adalah saudaranya karena dia takut dibunuh oleh Firaun. Ada beberapa pertanyaan yang saya pikirkan saat membaca bagian ini.

  1. Mengapa Abram tetap pergi ke Mesir walaupun mengetahui kemungkinan dirinya dibunuh karena Sarai istrinya? Bukankah lebih baik dia pergi ke tempat lain dan menyelamatkan nyawa mereka berdua?
  2. Mengapa juga ide yang muncul di kepala Abram adalah untuk menyatakan Sarai adalah saudara perempuannya? Bukankah ini malah akan membuat Sarai diambil orang untuk dinikahi?

Ada beberapa kata yang muncul di kepala saya saat memikirkan ini

  1. Egois
    Abram memikirkan bagaimana menyelamatkan dirinya sendiri. Mungkin kita berpikir ini sangatlah wajar mengingat dia harus menyelamatkan rombongannya dari kelaparan. Apalah artinya tindakan dia ini sebab dia pun manusia yang tidak mau begitu saja dibunuh. Saya lalu terpikir bahwa Yesus tidaklah demikian. Dia justru yang menyerahkan nyawanya untuk menyelamatkan “rombongan”-Nya.

    Dalam kasus ini bahkan Abram tinggal diam saat Sarai diambil masuk ke rumah Firaun untuk dijadikan istri. Jikalau Tuhan tidak bertindak saat itu juga, mungkin ceritanya bisa jadi lain dan Patriark satu ini harus menerima kenyataan bahwa sekarang istrinya diambil orang dan “ditukar” dengan harta benda pemberian Firaun.Dalam peristiwa ini, saya bersyukur bahwa Tuhan tidak membiarkan Abram “menjual hak kesulungannya” dengan harta benda FIraun seperti Esau menukar hak kesulungannya dengan masakan merah-merah buatan Yakub (Kejadian 25). Sarai yang menjadi salah satu kunci penggenapan janji Allah kepada Abram diselamatkan oleh Tuhan sendiri dari genggaman Firaun.

  2. Terjepit
    Abram mungkin berpikir bahwa seluruh rombongannya perlu makan dan Mesirlah jawabannya. Dengan demikian, segala cara akan dilakukan agar mereka semua bisa makan di Mesir. Dalam pemikiran ini, kita bisa melihat bahwa nikmat makanan hanya dirasakan Abram dan rombongan sementara sebab akhirnya mereka diusir kembali ke tanah yang mengalami kelaparan tersebut.
  3. Kurang iman
    Tidak dicatat seberapa lamakah kelaparan tersebut terjadi di tanah Negev. Namun sesaat setelah Abram diusir keluar Mesir dan berjalan kembali ke tanah Negev, kita bisa membaca bahwa ternak-ternak Abram dan Lot bisa makan bahkan Lot bisa memilih lembah Yordan yang kelihatan subur menurut dia (Kejadian 13). Saya berpikir kalau Abram bertahan sebentar di tanah tersebut mungkin peristiwa Mesir tidak perlu terjadi.

Dari pembacaan saya, kesalahan Abram untuk pergi ke Mesir tetap dipakai Tuhan untuk kebaikan Abram sendiri dan juga keberlangsungan rencana Tuhan. Abram dicatat mempunyai kekayaan seperti emas dan perak di Kejadian 13 setelah peristiwa ini. Sangat mungkin sekali bahwa emas dan perak ini sebagian besar adalah pemberian Firaun akibat niatnya ingin mengambil Sarai. Ternak Abram dan Lot yang dicatat berjumlah besar pun sangat mungkin bertambah banyak dari pemberian Firaun tersebut. Abram memang sudah memiliki harta benda awalnya sebab dicatat demikian. Namun, secara khusus saya membaca pernyataan Kejadian 13:2 adalah rangkuman dari seluruh peristiwa yang sudah terjadi di pasal-pasal sebelumnya.

Abram akhirnya tetap kembali berjalan ke tanah Kanaan atas pimpinan Tuhan dan tetap menjadi seorang asing di tanah itu tanpa kembali ke Mesir.

bersambung

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s